Mengganti Tombol Start Windows 7

on Sabtu, 30 April 2011

Setelah lama blog ini tidak ter-update saking padatnya kegiatan, tugas dan pekerjaan, kini saya mempersembahkan sebuah aplikasi kecil buatan saya khusus untuk anda pengunjung setia blog ini. Sebenarnya aplikasi seperti ini sudah ada sebelumnya dan sudah saya coba. Tapi menurut saya aplikasi tersebut masih agak ribet karena file bawaannya lumayan banyak juga masih terdapat bug didalamnya. Terinspirasi dari aplikasi tersebut saya membuat aplikasi ini yang cara penggunaannya jauh lebih simpel dari aplikasi yang saya sebut tadi. Aplikasi ini tidak perlu diinstall dan file aplikasinya hanya satu buah tanpa file tambahan lainnya.


Bagi anda yang ingin tampil unik pada desktop windows 7 mungkin inilah salah satu solusinya. Aplikasi ini bisa mengganti tombol start pada taskbar windows 7 anda.

Aplikasi ini hanya bisa dijalankan pada sistem operasi windows seven, dengan syarat bahwa User Account Control saya singkat UAC (kotak konfirmasi yang muncul setiap kali menjalankan aplikasi) harus dimatikan sebelumnya. Tapi tenang saja bagi yang kurang paham tentang UAC, aplikasi secara otomatis akan mendeteksi apakah UAC anda sedang aktif atau tidak. Jika UAC masih aktif, saat pertama kali aplikasi dijalankan anda akan dituntun untuk menonaktifkan fitur UAC ini. Saya sendiri kurang merasa nyaman jika fitur ini saya aktifkan, karena selalu menampilkan konfirmasi. Setelah fitur UAC anda nonaktifkan maka aplikasi akan meminta anda untuk merestart sistem untuk menerapkan perubahan tersebut, dan aplikasi siap untuk menjalankan tugasnya. Berikut adalah tampilan awal aplikasi saat dijalankan :

Untuk memunculkan pilihan pada aplikasi, kita cukup menekan tombol start pada sudut kiri bawah aplikasi.

Kemudian untuk memilih gambar yang akan kita gunakan pilih Open Orbs pada popup menu yang ditampilkan, dan akan muncul kotak yang memuat gambar yang akan digunakan. Tapi jika anda memiliki gambar sendiri, anda dapat memilih Open Picture pada popup menu tersebut tapi dengan syarat gambar yang anda buat harus dalam format .bmp dengan ukuran 54x162 pixel.

Setelah kita memilih gambar yang kita inginkan, kita kembali ke tombol start tadi untuk memunculkan popup menu dan pilih "Aply" untuk menerapkan perubahannya.

Dan terakhir, inilah hasil perubahan yang telah kita terapkan.



Sebenarnya masih ada aplikasi lainnya yang suda saya buat, tapi sebagai permulaan saya mencoba menyuguhkan yang ini dulu. Saya menunggu komentar dari anda. Jika banyak yang ingin menggunakannya maka akan saya saya upload dan akan saya kasih link downloadnya. Berminat...? Silahkan tinggalkan komentar.

4 komentar:

اسرار الدين mengatakan...

wah kok kebetulan sekali, saya bru saja mengganti tombol start dng lafadz "Allah" (arab) tapi menggunakan aplikasi yg sy donlot dri internet. tertarik pengen nyoba yg punya antum. :-)
oh iya, menonaktifkan UAC itu gimana ya?, iya sih suka ribet juga

SteknoZ mengatakan...

@اسرار الدين: Cara mematikan UAC, buka Control Panel,trus klik pada "User Accounts and Family Safety" setelah jendelanya terbuka klik pada tulisan "User Accounts" dan terakhir klik pada tulisan "Change User Account Control Settings"
maka jendela User Account Control Settings akan terbuka. Selanjutnya untuk mematikan UAC ini, geser vertikal slider kearah paling bawah (Never notify) dan akhiri dengan menekan tombol OK.
Sampai disini fitur UAC windows 7 sudah di nonaktifkan. Tapi untuk menerapkan perubahan yang telah kita buat system harus direstart dulu. Setelah itu baru bisa kita lihat perubahannya. Sebenarnya jika kita menggunakan aplikasi diatas dan terdeteksi bahwa UAC dalam keadaan aktif, maka aplikasi akan langsung membuka jendela User Account Control Settings (yang ada slidernya itu) tanpa harus membuka Control Panel lagi.
Thx buat sobatku yang telah sudi mampir. Jika ada yang masih kurang jelas jangan sungkan2. Kita cari sama2 pemecahannya.

اسرار الدين mengatakan...

saya coba untuk browse gbr lain yg sudah ada (.png) tapi gak ketemu. coba ganti bitmap juga gak kedetect. gmn solusinya gan? :)

arisetiaardi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Poskan Komentar