--> Polytron U-Slim Gambar Pelangi Dan Protect - Xperiment n Xperience
Home Televisi

Polytron U-Slim Gambar Pelangi Dan Protect

Kemarin saya kedatangan seorang saudara yg mengeluhkan televisi hanya muncul warna pelangi. Setelah saya cek ternyata ketika dinyalakan muncul warna pelangi dan langsung protect setelah 2 detik. Merk tv polytron u-slim type ps 52uv03.


Sebenarnya saya tidak ingin melayani karena saat ini saya belum konsentrasi pada elektronika, tapi karena sesama butuh bantuan maka saya pun harus membantunya. Sekilas melihat gejala kerusakannya saya pikir tv ini rusaknya lumayan juga. Dan saya langsung berfikir blok vertikalnya yg bermasalah. Sebenarnya tv ini sudah hampir sebulan dikeluhkan dan sudah saya sarankan dibawa ke tukang service saja namun pemiliknya tdk mau. Saya di elektro hanya menyalurkan hobi saja dan hanya sekedar membuat alat yg saya butuhkan.

Menurut pemiliknya setelah tv mengalami kerusakan dia membuka penutupnya sekedar untuk membersihkan bagian dalamnya. Setelah dibersihkan dan ditutup lalu coba dihidupkan tv nya normal lagi. Namun setelah seminggu penyakitnya kambuh lagi. Mendengar keterangan pemiliknya saya menduga mungkin hanya solderannya yg pecah. Setelah tv nya saya buka, saya langsung periksa solderan dibagian vertikal. Dan benar saja, solderan ic vertikal LA78141 saya dapati ada 2 pin yg timahnya pecah. Langsung saya perbaiki solderan pada 2 pin tsb dan saya perkuat juga solderan pada pin lainnya. Kemudian saya hidupkan dan Alhamdulillah tv nya sudah normal ditandai munculnya tulisan polytron. Tes colok antena lalu input av semuanya normal. Terakhir pasang tutup belakangnya dan dihidupkan lagi tes beberapa menit semuanya normal. Saya lirik pemiliknya senyam senyum bahagia.

ALHAMDULILLAH masih diberi kesempatan membahagiakan orang lain.
Hanya sedikit ini pengalaman service tv yg bisa saya ceritakan. Insya Allah lain kesempatan sy akan cerita pengalaman beberapa bulan lalu ketemu tv sharp.
Semoga cerita sedikit ini ada manfaat bagi para sahabat yg sempat membaca.




Salam Xperience.

Baca juga :

1 comment:

to Top