--> LAYOUT SOS SMPS Dual Core 3 KVA - Xperiment n Xperience
Home SMPS

LAYOUT SOS SMPS Dual Core 3 KVA

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan sebuah catu daya, mungkin diantara kita ada yang pernah bertanya-tanya apakah SOS HB SMPS dapat mengeluarkan daya yang lebih besar lagi?
Jawabannya adalah bisa, juga tergantung bagaimana cara kita membuatnya sehingga mampu mengeluarkan daya yang lebih besar.

Sebenarnya banyak trik dan cara yang dapat kita lakukan tergantung kejelian dan kreatifitas kita masing-masing. Intinya jika kita mengerti dan paham akan sistem kerja sebuah rangkaian, kita akan mudah mengembangkannya sesuai kebutuhan dan keinginan kita. Namun jika berbicara masalah pengembangan sebuah sistem, tidak semudah yang kita bayangkan. Tentunya ada konsekuensi yang harus ditebus, misalnya menyediakan waktu, tenaga, pikiran, materi, dan lain-lain.

Sehubungan dengan masalah pengembangan sebuah power supply khususnya SOS Detex SMPS, saya akan menampilkan sebuah layout SOS yang menggunakan 2 buah ferit sebagai trafo utamanya sehingga saya menyebutnya SOS Dual Core. Sistemnya adalah memparalel 2 buah ferit yang dikendalikan oleh 4 buah mosfet, sehingga keluarannya menjadi dual simetris yang mampu menyediakan daya untuk 2 buah kit amplifier secara terpisah. Jadi hanya dengan sebuah catu daya ini kita sudah dapat menggunakannya untuk kit amplifier stereo yang berdaya besar tapi dengan bobot yang ringan.


layout sos smps dual core 3 kva

layout sos smps dual core 3 kva

layout sos smps dual core 3 kva

Mengenai cara pembuatan lilitan trafo osilator dan perhitungan frekuensi osilasi (Baca: Membuat Lilitan Trafo Osc Pada SOS SMPS Dan Perhitungan Frekuensi Yang Dibangkitkan), perhitungan jumlah lilitan trafo dan lain-lainnya sudah dibahas pada tulisan terdahulu (Baca: Perhitungan Jumlah Lilitan Trafo Dan Diameter Kawat Email Pada SOS HB SMPS).

Untuk mempermudah mencari tulisan lainnya silahkan membuka sitemap (daftar isi artikel blog) pada menu utama blog ini yang terdapat dibagian paling atas, atau dapat juga menggunakan fasilitas pencarian dengan menggunakan kotak search yang terletak sejajar dengan bilah menu.

Saran saya dalam pembuatannya nanti gunakan ferit yang berkualitas bagus sebagai trafo oscillator dan mosfet gunakan yang memiliki kemampuan arus besar untuk mendapatkan hasil maksimal. Menurut saya jika menggunakan komponen yang memadai dan berkualitas mungkin akan menghasilkan daya lebih dari 3 KVA dan silahkan dibuktikan nanti.

Namun sebagai informasi buat teman-teman, layout ini sudah lama dibuat dan hanya tersimpan sebagai koleksi sebab belum sempat dicoba sebelumnya karena saya kesulitan untuk mendapatkan pcb seukuran ini.
Seandainya saya menemukan pcb yang mampu menampung ukuran layout ini dan berhasil mendapatkan daya yang diinginkan, mungkin kedepannya nanti SMPS ini akan ditingkatkan menjadi SOS QUAD CORE. Tapi mungkin ini hanya akan menjadi angan-angan yang tidak akan kesampaian, disebabkan banyaknya keterbatasan.

Jika teman-teman yakin dengan layout ini dan ingin mencoba membuatnya, saya sudah membuatkan file pdf dan sudah dibuatkan link download yang terdapat pada bagian akhir tulisan ini.

Kepada teman-teman yang berhasil nanti membuatnya, saya mohon informasinya pada kolom komentar jika sekiranya ada kekurangan dan perlu diperbaiki. Informasinya sangat saya butuhkan dan sangat berharga buat saya demi perbaikan kedepan nanti.


Semoga berhasil dan semoga bermanfaat.
Salam Xperiment

Baca juga :

22 comments:

  1. Why is so difficult to download the layout as promised this is my email address you can send me thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Please find the "Get Link" button on the new page that appears after pressing the "Download" button

      Delete
  2. maaf pak ini layout sdah fix? itu fet g dan d nya jadi 1 maaf kalo salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah fix silahkan dicoba. G dan D tidak terhubung

      Delete
    2. ok thank s . ini cocok untuk osc difrekuensi brp ?

      Delete
    3. Berapapun frekuensinya tidak masalah, yg penting induktansi trafo utama matching dgn frekuensi osc.

      Delete
  3. Maaf mas untuk ukuran layoutnya berapa ya??

    ReplyDelete
  4. Hmm this can not be downloaded. I have try different browsers to no results. As matter of fact is just a scheme. For those that are able to download in pdf and like to share this is my mail.:gavivinagadogbe@Gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Please wait 30 seconds then look for the "Get Link" button on the new page that will appear

      Delete
  5. It's is working very without PFC stage?

    ReplyDelete
  6. pernah/bisa membuat smps untuk driver power amplifier dengan tegangan 3 stepper bos? (LV60vdc - MV90vcd - HV120vdc CT)

    ReplyDelete
  7. alhmdllh sya sdh brhasil membuat nya..

    ReplyDelete
  8. alhmdll sya berhasil membuat nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolong share artikel blog ini jika bermanfaat. Trima kasih

      Delete
  9. I have successfully made this design...its working fine ang nice...Im using it now on my class D amplifier...i just followed all the components...thank you so much to the creator of the layout...

    ReplyDelete
  10. Pcb atau SMPS jadinya ada yg SDH jual ya??

    ReplyDelete

to Top